LPPM STMIK DCI MENGADAKAN PELATIHAN PENULISAN JURNAL UNTUK DOSEN STMIK DCI

Salah satu kewajiban dosen dalam tridharma perguruan tinggi adalah Penelitian, dan bentuk luaran dari penelitian tersebut salah satunya adalah jurnal. Selain dari pemenuhan tridharma, publikasi jurnal pun bisa menjadi indikator dari kredibilitas dosen yang merupakan juga seorang ilmuwan, maka dari itu melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah ini tidak kalah penting dari kegiatan perkuliahan di kampus. Dengan merujuk hal tersebut maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STMIK DCI berinisiatif untuk mengadakan pelatihan penulisan jurnal ilmiah bagi seluruh dosen tetap.

Kegiatan ini diselenggarakan di salah satu meeting room yang berada di Favehotel Tasikmalaya pada tanggal 22 dan 23 November 2022 kemarin yang dihadiri oleh dosen tetap STMIK DCI. Dr. Sutarmin, S.SI., M.M dari Universitas Peradaban dan Dr. Aradea, S.T., M.T. dari Universitas Siliwangi dihadirkan oleh LPPM untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dr. Sutarmin mengatakan bahwa "indonesia ini termasuk dalam 4 besar dengan penduduk terbanyak di dunia, tetapi dalam jumlah publikasi ilmiah masih terbilang sangat rendah bahkan masih dibawah beberapa negara ASEAN". Namun setelah ada peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah tentang pencabutan tunjangan profesor bagi profesor yang tidak mengeluarkan publikasi ilmiah maksimal 3 tahun, maka banyak profesor serentak membuat publikasi ilmiahnya. Dan saat itulah terjadi lonjakan yang signifikan dalam jumlah publikasi bahkan bisa melampaui beberapa negara di Asia, imbuhnya.

Dr. Aradea pada kegiatan tersebut lebih mengarah pada teknis penulisan jurnal, kemudian beliau juga banyak berbagi tips and trick dalam menulis jurnal. mulai dari penulisan judul, pendahuluan, sampai pada bagian akhir dari jurnal secara detail namun sangat mudah dipahami. Dr. Aradea pun menyampaikan beberapa strategi untuk meningkatkan publikasi ilmiah adalah dengan membuat Kelompok Bidang Keahlian (KBK) yang berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk berkumpulnya dosen dan mahasiswa dan tujuan akhirnya adalah produksi publikasi ilmiah dan HKI.

Dengan telah dilaksanakannya kegiatan pelatihan penulisan jurnal, diharapkan publikasi ilmiah dari setiap dosen tetap di STMIK DCI bisa lebih produktif dan meningkat dari segi kualitas. Sehingga baik perguruan tinggi maupun dosen masing-masing bisa lebih dikenal baik di kancah nasional maupun internasional.

Boat on Calm Water Wintry Mountain Landscape
Boat on Calm Water Wintry Mountain Landscape
Boat on Calm Water Wintry Mountain Landscape
Boat on Calm Water Wintry Mountain Landscape
Boat on Calm Water Wintry Mountain Landscape
Boat on Calm Water